Koleksi Kutipan Pemicu Optimisme

Salah satu cara yang dapat membantu Anda membentuk karakter yang baik adalah dengan mengucapkan kata-kata bijak atau kutipan. Yang mana bila kita membacanya, akan diproses oleh pikiran menjadi sebuah afirmasi. Demikian saya menantang Anda untuk tidak hanya membaca kutipan, namun mengubahnya ke dalam bentuk afirmasi.

Afirmasi adalah…


1. “Harus menyayangi orang yang membencimu.” ~ Tanbih


2. “Biasakanlah mendengar berbagai nasihat, sebab hati bila tidak diisi nasihat akan buta.” ~ Miftahush Shudur


3. “Aku senang aku diberkahi pengetahuan yang cukup. Cukuplah Alloh sebagai penolongku.”


4. “Tho’at ka Hadorot Ilahi nu ngabuktikeun parentah dina agama jeung nagara.” ~ Tanbih



Afirmasi adalah pernyataan positif yang diucapkan dalam bentuk kalimat seolah-olah Anda mengalaminya sekarang juga. Ucapkan, ‘Saya senang‘, bukan, ‘Saya ingin senang‘.

Inilah kata-kata yang diserap oleh pikiran ketika sering diulang-ulang. Artinya dapat berfungsi dengan baik ketika kata-kata itu diinternalisasi.

Kata-kata bijak yang positif mengingatkan Anda akan apa yang Anda yakini dan dapat mendorong Anda berperilaku dengan cara yang benar ketika berada dalam situasi yang sulit atau tidak pasti. Misalnya jika Anda ingin mengajarkan pikiran menjadi lebih bersyukur, Anda dapat fokus dan mengulangi kata-kata ‘Saya bersyukur’ selama beberapa menit setiap hari.

Jika kemudian Anda dihadapkan pada situasi rasa ingin mengeluh, pikiran sebelumnya akan mengingatkan bahwa Anda bersyukur dan lalu Anda akan menyadari Anda begitu diberkahi, alhamdulillaah!

Kenapa pikiran? Karena pikiran adalah akar kejadian segala sesuatu di dunia Anda. Bila Anda mengucapkan kata-kata bijak ini, mereka akan segera mengubah proses pemikiran Anda. Ini akan membantu Anda mengalihkan energi Anda ke arah jalur positif, yang akan mengantarkan Anda ke sebuah kondisi mental yang penuh dengan kedamaian.

Afirmasi menangkap pikiran bawah sadar yang membentuk 90% dari total pikiran Anda. Pikiran bawah sadar adalah pikiran yang kreatif. Jadi, bila sering diisi dengan pernyataan positif maka akan membawa perubahan kepribadian Anda secara keseluruhan.

  • Afirmasi lebih efektif diucapkan sebelum tidur atau segera setelah bangun tidur.
  • Afirmasi tidak dapat merugikan siapa pun, menghormati kehendak bebas dan terbebas dari konflik kepentingan. Karena afirmasi fokus pada, misalnya, menerima nilai-nilai daripada sikap yang harus ditunjukkan kepada seseorang.
  • Afirmasi selalu terbuka dan tidak pernah tertutup dalam hal kapan, di mana, bagaimana, apa atau melalui siapa Anda menerimanya. Percayalah pada alam semesta.

Jadikan afirmasi sebagai wallpaper di smartphone Anda. Dapat juga dicetak dan diletakkan di cermin, atau dinding kamar Anda, atau di manapun yang dapat mengingatkan Anda untuk berpikir positif setiap saat.

Alloh SWT memberi kita pikiran yang mengagumkan dan kekuatan untuk mengendalikan pikiran itu! Mohonlah pertolongan kepada Alloh untuk membantu Anda memilih kata-kata positif berkualitas untuk diulang setiap hari sehingga pikiran bawah sadar Anda selalu optimis, dan saksikan sendiri kata-kata ini bekerja dengan cara yang menakjubkan. Semakin sering Anda mengizinkan diri Anda menerima pernyataan positif ini, semakin bertambah baik hidup Anda dari hari ke hari.

Afirmasi idealnya dapat membuat Anda merasa terpenuhi dan terbebas dari kekhawatiran. Itulah mengapa mereka berguna!

Anda punya kata-kata bijak favorit yang telah Anda ubah menjadi afirmasi? Bagikan di komentar agar bermanfaat bagi pengunjung lain. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s