Perhatikan Kepedulian

Hidup di dunia yang penuh dengan banyak yang harus diperhatikan, cara agar orang-orang peduli terhadap Anda adalah dengan memedulikan mereka terlebih dahulu.

Saya tak peduli dengan apa yang Anda yang akan makan untuk sarapan nanti, atau tipuan bodoh yang dapat dilakukan kucing Anda —sampai Anda menunjukkan ketertarikan Anda pada saya. Setelah Anda menunjukkannya, Anda mendapatkan perhatian saya, dan mungkin saya mulai memercayai Anda.

Komunikasi itu hubungan dua arah; melibatkan pengirim dan penerima, dan disatukan oleh lem bernama pesan.

Ini tak berarti Anda harus menghampiri khalayak atau menciptakan karya biasa-biasa saja yang berkontribusi pada status quo. Tapi sebaiknya Anda mencari cara untuk menambahkan nilai. Sebaiknya Anda menciptakan sesuatu yang layak untuk khalayak.

Terhubung, terlibat dan melayani

Jika Anda punya sebuah pesan yang perlu didengar dunia —sebuah buku yang ingin Anda tulis, sebuah lagu yang ingin Anda nyanyikan, atau hanya sebuah ide yang layak disebarkan— cara Anda membuat orang lain memedulikannya tidak dengan pergi ke luar lalu membagikannya begitu saja.

Anda harus terhubung, terlibat dan melayani. Baru orang-orang akan mendengarkan. Ini tidak berarti Anda tidak dapat berkeyakinan atau Anda perlu menunggu izin untuk berbicara. Ini berarti Anda menghargai dunia yang dikendalikan media. Dan Anda menghargai waktu orang. Lagi pula, berapa banyak orang asing yang Anda pedulikan hari ini? Mengerti maksud saya?

1. Temukan Percakapan

Luangkan waktu untuk mendengarkan apa yang orang-orang perbincangkan tentang topik tertentu. Berlangganan beberapa blog, baca beberapa buku karangan para pemimpin industri. Kumpulkan informasi.

2. Terlibat dengan Orang-orang

Tinggalkan komentar di blog. Bukan agar orang lain melihat nama Anda, namun itu juga dapat membantu. Sampaikan komentar yang sesuai topik dan tentunya bermanfaat bagi penulis maupun pengunjung lain.

2. Buat Kontribusi

Jika Anda telah mempelajari niche Anda, berarti Anda tahu kekurangannya. Kekurangan ini harus menjadi sesuatu yang Anda rasa begitu kuat, sesuatu yang benar-benar mengganggu Anda. Tapi jika Anda tidak dapat menemukan sesuatu yang kurang, karenanya tidak punya sesuatu yang lebih untuk dikontribusikan, Anda tidak berhak bicara.

Ulangi prosesnya sampai orang-orang terus mendengarkan. Kemudian Anda sendiri dapat memulai membuat blog atau menyelenggarakan acara untuk melanjutkan percakapan tersebut. Namun lalu jangan percaya bahwa hanya karena Anda membangunnya, orang-orang akan datang. Anda perlu mendapatkan perhatian orang —dan cara Anda melakukannya dengan peduli terlebih dahulu. Sehingga ketika pada akhirnya Anda bicara, mereka akan mendengarkan. Mengapa? Karena mereka sadar bahwa Anda menambahkan nilai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s