Tidak Sok Tahu

Terlalu banyak orang takut mengakui bahwa mereka tidak tahu akan sesuatu. Mereka takut terlihat tidak sempurna atau mereka tidak berada di atas rata-rata yang mereka kira harus melebihi setiap orang.

Mereka tidak akan merasa nyaman bila mengatakan “Saya tidak tahu”.

Masalahnya, Anda tidak bisa mengetahui segalanya. Anda sering terjebak di dalam situasi yang mendorong Anda menyampaikan bahwa Anda punya pijakan baru untuk melangkah, informasi baru untuk disebarluaskan, cara baru untuk melakukan sesuatu yang dapat dipelajari, orang-orang baru yang harus ditemui.

Situasi itu seringkali di luar pengalaman Anda. Tidak perlu merasa malu, tak peduli apa yang dipikirkan orang-orang, dengan mengakui bahwa di sana terdapat kesenjangan dalam pengetahuan Anda.

Jika Anda ingin tumbuh, Anda perlu menelan harga diri Anda dan mengatakan bahwa saya tidak tahu, lalu cari tahu. Katakan sekeras kawan bicara Anda dapat mendengarnya, “Saya tidak tahu”. Ucapkan dengan jelas. Ucapkan dengan bangga.

Agar dapat melampaui keragu-raguan Anda, tanyakan ini pada diri Anda; Apa yang terburuk yang bisa terjadi? Apakah orang-orang akan menertawakan Anda? Mereka akan memandang Anda rendah? Mereka menganggap Anda bodoh? Jika mereka melakukan semua itu, lalu apa? Masalahnya terletak pada mereka, bukan pada diri Anda.

Hal positif dari mengakui ketidaktahuan, Anda akan belajar sesuatu; hasil yang berharga dari menelan harga diri Anda dan mengucapkan tiga kata sederhana, “Saya tidak tahu”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s