Ampuni Tanggung Jawab

Buatlah pilihan dan akui kesalahan Anda, dan harus mau mengambil langkah yang diperlukan untuk memperbaikinya. Jika bukan Anda mengambil tanggung jawab hidup Anda, maka orang lain akan mengambilnya. Dan ketika mereka melakukannya, Anda akan menjadi budak kemauan dan impian mereka.

Anda sendiri satu-satunya yang dapat mengontrol langsung hasilnya. Tidak selalu mudah memang. Setiap orang berhadapan dengan setumpuk hambatan di depan mereka. Namun tetap Anda harus bertanggung jawab untuk situasi Anda dan mengatasi hambatan tersebut. Pilihan ini adalah pilihan seumur hidup.

Kalaulah pernah merasa bahwa hidup Anda diambil oleh orang lain, lalu menyisakan kekecewaan, kita semua pernah dikecewakan oleh orang lain di beberapa titik atau lain —kita diperlakukan buruk, kepercayaan kita dirusak, perasaan kita terluka. Sementara rasa sakit ini wajar, kadang-kadang nyerinya tetap ada, bahkan terlalu lama. Seringkali kita sendiri yang menghidupkan kembali rasa sakit ini berulang, membiarkan mereka hidup bebas tanpa bayar sewa di kepala kita dan kita melewati waktu yang sulit untuk melepaskannya.

Dendam kesumat adalah membuang-buang kebahagiaan yang dapat kita rasakan pada waktu ini juga secara sempurna. Itu menyebabkan kita kehilangan indahnya kehidupan ketika keindahan ini terjadi. Tiada cara lain, memaafkan adalah membebaskan tahanan, dan menemukan tahanan itu, diri Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s