Tunjukkan Hormat

Faktanya tetap sama; saya pandai bergaul dengan orang-orang. Saya suka mendengarkan cerita mereka, berdialog dengan mereka, berbagi kata-kata bijak, mengingatkan bakat mereka, menggali potensi mereka, melepaskannya agar kemungkinan tertinggi dapat mereka raih.

Menerapkan seni dalam berkomunikasi adalah keterampilan yang penting untuk dimiliki; memahami orang-orang. Jika Anda memahami mereka, Anda dapat berbicara dengan percaya diri, orang-orangpun akan mendengarkan, mereka akan lebih tertarik pada Anda. Dan itu baru awalnya.

Orang-orang selalu bertanya “kunci sukses itu apa sih?”, saya selalu memberikan jawaban yang sama; “Saya mengerti orang-orang dan saya menghormati mereka”.

Tidak peduli apakah Anda seorang CHRO yang bertanggung jawab menangani perilaku karyawan, atau seorang yang baru diterima kerja sebagai tenaga pendidik, setiap peran memiliki tujuan tertentu dan memberikan nilai tambah kepada individu dengan siapa Anda berinteraksi dan kepada organisasi tempat Anda bekerja.

Berikut ini beberapa cara untuk menunjukkan rasa hormat.

Mendengarkan

Tidak ada yang lebih buruk daripada terabaikan. Hal ini mutlak penting, apalagi bila Anda seorang leader, Anda harus mendengarkan tim Anda, dan mendorong mereka untuk berbagi ide-ide dan pendapat kreatif. Meluangkan waktu untuk mendengarkan akan mencegah miskomunikasi, akan membuat pesan dapat lebih jelas dipahami dan dapat membantu mengurangi stres dalam tim. Bahkan Anda akan menghadirkan ide-ide yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Memberikan Pujian

Semua orang suka merasa seolah-olah mereka menambahkan nilai sehingga penting bagi Anda mengenali hal ini dari hari ke hari, meskipun yang mereka lakukan adalah hal-hal kecil. Memberikan pujian dapat mendorong kinerja tinggi, itu salah satu kunci untuk mempertahankan bakat dan membuat orang-orang merasa terpenuhi.

Menawarkan Waktu

Orang-orang menghormati orang lain yang meluangkan waktunya buat mereka. Teman saya seorang workaholic, sampai pernah terjadi pasangannya melemparkan peralatan kerjanya setelah ia menolak untuk membantu. Baiknya bantuan itu tanpa perlu diminta, Anda segera ambil sikap setidaknya dengan menawarkan bantuan. Seringkali kita melahirkan ide-ide baru dan ingin melakukan semuanya sekaligus. Namun dalam prosesnya kita harus meluangkan waktu, memberi kesempatan lebih, tidak lain untuk memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan.

Orang-orang melakukan urusan apapun dengan orang yang mereka sukai. Jika Anda tinggi hati, Anda tidak akan terbang tinggi. Sudahkah Anda menunjukkan hormat?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s