Ngaji Diri

SALAM SEJAHTERA!

Selamat datang di media yang kelak menjadi tempat penyimpanan, penyiaran dan pembuangan ide-ide tak kreatif saya; berfungsi sebagai sistim napak tilas sederhana yang mengomunikasikan hall of fame shame pandangan saya tentang…
hidup
dan
[bayangan] cinta
serta
gambaran aktivitas saya selama ini.

Ngeblog. Atau…

Pernah gak Anda mengalami sebuah hubungan dengan seseorang yang terjadi secara instan? Ya mungkin seperti ketika Anda sedang membaca tulisan mereka, saat itu juga Anda dapat melihat mereka dan bahkan merasakan emosi mereka, seakan-akan ada sebuah kabel yang tersambung dari mereka ke diri Anda. Dan saat kabel itu mengalirkan muatan listriknya, Anda mulai merasakan hangatnya hubungan itu. Bahkan pada saat itu juga Anda bisa membayangkan suatu waktu di masa yang akan datang —katakanlah 8 bulan kemudian, Anda masih bisa merasakan sensasi dari hubungan itu dan menyadari bahwa hari ini adalah awal dari hubungan instan tersebut.

Ngeblog. Entah bagi Anda, bagi saya seperti mencicipi kopi dengan rasa baru. Saya akui, ide tentang menghubungkan orang-orang yang belum pernah bertemu dengan Anda lalu membaca pikiran Anda yang paling dalam, mempunyai daya tarik tersendiri bagi saya.

Penjelasan Logis

Daya tarik ini, akan saya ungkap di sini. Termasuk segala sesuatu yang selalu menggelitik rasa ingin tahu saya;…
sebuah potensi yang berusaha menggapai keabadian,
gerak yang secara pesimis tertunda,
dan mimpi yang dipaksa lelap dalam keheningan tidur. Ialah penjelasan logis atas segala sesuatu yang ada di sekitar saya!

Namun entah kenapa selalu berakhir dengan: “Aaah ngarang luh!”.

Karenanya menurut saya, seseorang bisa menghargai nilai sebenarnya dari sebuah teori apabila ia telah memahami sifat dasar dari karangan tersebut. Dan seperti segala yang bersifat karangan, inipun ada seni untuk menceritakannya.

Itulah yang saya sajikan di blog ini; karangan yang kita semua anggap fakta, yang membuat saya menikmati teori hanyalah sebagai sebuah bentuk hiburan saja. Karenanya saya menulis semau saya. Pun bukan tentang sesuatu yang bisa menarik perhatian orang-orang, hanya ketertarikan saya sendiri.

Ngaji Diri; Mengapa, Bagaimana, Apa?

Dan di suatu tempat di sepanjang jalan blogging itu, akan tampak saya mengambil minat dalam menganalisis…
apa yang dilakukan orang-orang,
dan bagaimana mereka melakukannya,
lebih-lebih, mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan. Khususnya diri saya sendiri!

Nah di blog ini saya akan menulis tentang ngaji diri. Diri yang senang dikalutkan oleh…
pikiran yang samar,
perasaan yang ganjil,
kemauan yang lemah,
dan
tubuh yang acapkali dipermak.

Mengenai ketertarikan ini, tidaklah banyak yang bisa saya gunakan untuk mempertahankan diri. Saya hanya menyediakan jalan bagi orang yang —karena terlampau dekat pada dirinya sendiri hingga— sukar untuk mengenal dirinya. Diri saya sendiri!

Itulah maksud blog ini, berisi tentang…
kedisiplinan,
kebiasaan,
perilaku
etcetera. Semuanya fokus pada ngaji diri saya sendiri, dan hey mungkin juga Anda terlibat di dalamnya.

Saya bukanlah seorang ahli, dan tak punya semua jawaban. Saya hanya berusaha memuaskan rasa ingin tahu saya, dan itu adalah kekuatan pendorong yang akan menjaga blog ini tetap ada.

Dan jika Anda bertanya berapa persentase kebenaran tulisan hasil nguping dari orang ngalor ngidul di warkop dan bisik-bisik di ruang rapat Office Boy ini, yaa… pendekatan yang saya gunakan saja seperti itu, jadi boleh Anda tentukan sendiri berapa persen kebenarannya. Dan bahkan jika kebenaran itu Anda temukan sendiri ketika Anda menjelajahi blog ini, maka dengan sendirinya segala kekurangan di dalamnya akan termaafkan.

Good learning!

(y)

(Gambar diambil dari Apple – trailers)

(It’s been a looong time [edited on May 14, 2017 at 00:04 pm])

Leave a Reply

